Blogger news

Patterned Text Generator at TextSpace.net

Halaman

Selasa, 04 Maret 2014

Import Data MS Excel ke Data MySQL PHPMYADMIN

Tutorial ini menjelaskan bagaimana cara data kita yang berupa Excel bisa di masukkan semuanya ke database SQL terutama pada xampp phpmyadmin. Jadi tidak menggunakan insert into tabel. Coz kalau datanya banyakl pastinya kita bakal jadi brekele ha3x….
Solusi tepatnya untuk memasukkan data excel ke mysql xampp adalah dengan menggunakan fasilitas menu import pada phpmyadmin milik xampp. Tapi hal yang paling urgent adalah buat tabel yang mana jumlah kolomnya sama dengan jumlah kolom data pada MS Excel kamu, setelah itu baru ikuti langkah-langkah berikut ini.
Ok broo. langsung aja ikut step by stepnya he3x.. kayak orang inggris aj..
  1. Buka MS  Excel kamu, kemudian klik menu File -> save as “CSV (Comma delimited).”  Jika keluar warning  “Do you want to keep the workbook in this format?” Klik “yes” dan tutup Excelnya. Klik “NO”  jika keluar warning “Do you want to save the changes made to yourworkbook.csv?”.
  2. Buka http://localhost/phpmyadmin , kemudian di halaman utama, cari field untuk membuat database baru. (Create New Database) Berikan nama sesuai keinginan dan untuk Type nama database biarkan secara default “collation.”
  3. Setelah membuat nama database, maka buat tabel yaitu cari field untuk create tabel, buat kolom-kolom tabel sesuai kolom pada MS Excel. Pilih type datanya menjadi  ‘ TEXT ‘.
  4. Kalau semuanya udah selesai, maka sekarang tinggal import excel to mysql. Caranya klik link nama tabel kamu kemudian klik menu import dan browse file Excel kamu yang udah di save formatnya menjadi CSV.
  5. Biarkan semuanya default, kemudian pilih CSV with LOAD data dan uncheck pada tulisan Replace table data with file dan Ignore duplicate rows kemudian ubah karakter yang ada pada Fields terminated by menjadi karakter koma ” , ” .
  6. Kosongkan isi field pada tulisan Fields enclosed by: dan Fields escaped by: dan Column names, Check pada tulisan Use LOCAL keyword.
  7. Klik tombol GO maka semua data pada excel sudah langsung masuk ke database mysql phpmyadmin kamu.

0 komentar:

Posting Komentar

Terimakasih telah meluangkan waktunya singgah di blog KAMI